Semua Tentang U Ditch yang Wajib Anda Tahu

apa itu u ditch

IKABARI.COM – Bersiaplah untuk berkenalan dengan salah satu jenis beton pracetak atau beton precast yang banyak direkomendasikan untuk pembangunan drainase, ia adalah U Ditch.

Sekilas Tentang U Ditch

Apa itu U Ditch?

U-Ditch terbuat dari campuran beberapa material yang kemudian dicetak menggunakan moulding besi dengan getaran tinggi yang diproduksi oleh pabrik khusus. U Ditch sendiri umumnya berbentuk huruf “U” yang biasanya digunakan dalam pembangunan saluran air (drainase).

Setiap ujung U-ditch memiliki sambungan yang menggunakan plat joint, cukup berikan mortar pada bagian pertemuan sambungannya sebagai penutup nat. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kebocoran.

Cover U Ditch

U-ditch juga memiliki penutup yang biasa di sebut cover u-ditch. Cover ini biasanya di jual terpisah untuk Anda yang ingin membuat saluran air tertutup. Cover u-ditch ini terbagi menjadi dua yaitu heavy duty dan light duty, perbedaannya terdapat pada ketebalan cover u-ditch tersebut.

1. Heavy duty

Cover u-ditch jenis ini biasanya di gunakan agar u-ditch dapat di lalui oleh kendaraan ataupun beban berat yang lain.

2. Light duty

Untuk jenis ini biasa di gunakan agar u-ditch dapat di lalui pejalan kaki. Biasanya sering kita lihat ada di pinggir jalan.

Keunggulan Menggunakan Beton Precast, U Ditch

Pemakaian u-ditch untuk saluran air betul-betul sedang sangat populer. Saking populernya, salah satu jenis beton precast ini bisa Anda temukan hampir di setiap saluran air yang ada di sekitar Anda.

Meski banyak material lain yang bisa di gunakan sebagai pengganti u-ditch, namun beton precast yang satu ini tetap menjadi juaranya. Ada beberapa faktor yang membuat beton pracetak ini menjadi favorit para kontraktor, di antaranya :

1. Praktis
Karena sudah di cetak lebih dulu, sehingga membuat u-ditch tidak memakan banyak waktu pengerjaan. Sangat cocok di gunakan apabila proyek yang Anda pegang harus segera selesai.

2. Durabilitas yang Baik
Beton precast di kenal dengan karakteristiknya yang tahan api dan tahan terhadap cuaca sehingga lebih tahan lama. Selain itu, ia juga terjaga kualitasnya karena memiliki pabrik sendiri yang bekerja sesuai dengan SOP yang ada.

3. Fleksibel
Meski di buat oleh pabrik, namun Anda masih bisa menentukan ukuran beton yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Lebih Efisien
Mampu secara efektif menekan biaya operasional dan juga mempercepat waktu pengerjaan. Efisiensi ini di dapat karena beton precast bisa Anda pesan jauh-jauh hari sebelum proyek di mulai, sehingga membuat waktu pengerjaan menjadi lebih singkat, upah tenaga kerja pun bisa di tekan.

5. Harga Lebih Murah
Di ketahui bahwa harga u-ditch ternyata lebih murah di bandingkan dengan menggunakan metode cor konvensional

Kekurangan U Ditch

Namun, seperti biasa di mana ada keunggulan pasti ada kekurangan. U-ditch sendiri memiliki dua kekurangan yaitu :

  1. Harganya lebih mahal bila di produksi dalam jumlah sedikit. Ia bahkan lebih mahal daripada buis beton namun umur pemakaiannya jelas lebih panjang daripada buis beton.
  2. Butuh ketelitian ekstra di setiap tahapan pemasangan. U-ditch memiliki bobot yang berat dan berpotensi tinggi menimbulkan kecelakaan kerja jika tidak di tangani dengan benar. Salah pengukuran, penggalian ataupun pemasangan juga dapat menimbulkan kerusakan seperti banjir.

Tips dan Trik Cara Pemasangan U Ditch

Karena pemasangan u-ditch yang mudah namun, banyak yang menyepelekan proses pemasangan u-ditch ini. Meski memang mudah, namun pemasangan u-ditch membutuhkaan tips dan trik tertentu agar betul – betul bisa berfungsi dengaan baik. Berikut adalah sedikit tips dan trik dalam memasang u-ditch :

  1. Pastikan penggalian ini berjalan sesuai dengan elevasi cross section agar kemiringan lahan yang di dapatkan nanti sesuai dengan syarat yang ada.
    Hal ini di maksudkan untuk mencegah adanya air yang tertampung karena tidak dapat mengalir dengan sempurna. Jika hal seperti ini terjadi maka dapat terjadi penyumbatan.
  2. Ukuran galian juga harus di tambahkan dengan ketebalan beton. Misalnya saja Anda menggunakan u-ditch berukuran 50 x 50 x 150 dengan tebal beton 5 cm. Maka kedalaman tanah yang harus di gali adalah 55cm, Sedangkan lebarnya harus di tambahkan lagi sedikit area untuk jalur masuk alat berat, misalnya 50 cm + 5 cm + 5 cm, sehingga lebar yang di butuhkan adalah 60 cm.

Itulah serba-serbi tentang U-ditch yang perlu Anda ketahui. Jika Anda berminat menggunakan salah satu jenis beton precast ini maka pastikan baca artikel ini sampai habis agar tidak ada penyesalan nantinya.

sumber: betoncor.co.id

Pos terkait