Pemerintah Hadir Memberikan Pelatihan Dan Pendampingan Agar UMKM Memiliki Produk Yang Berkualitas

Pemerintah Hadir Memberikan Pelatihan Dan Pendampingan Agar UMKM Memiliki Produk Yang Berkualitas

IKABARI.COM, JAKARTA – Kemenparekraf menggandeng Pertamina, Telkom, dan Dinas Pariwisata Provinsi Bali mendorong peningkatan kapasitas (upskilling) UKM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Provinsi Bali.

Upskilling merupakan upaya peningkatan kapasitas dan daya saing UMKM dalam mempersiapkan pertemuan bisnis dengan hotel.

Bacaan Lainnya

Mengambil tema “Peningkatan Kapasitas UMKM Unggulan di Provinsi Bali Dalam Persiapan Rapat Kerja”, upskilling di lakukan selama 3 hari mulai 18-20 Oktober 2022 di Hotel Kuta Paradiso, Bali.

Acara ini di ikuti oleh 100 UMKM yang terdiri dari subsektor kuliner, fashion, kriya, dan kosmetik.

Kegiatan di awali dengan sambutan dari Rudi Arifianto selaku pengelola SMEPP Pertamina.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Pertamina mendukung penuh kerjasama ini dalam rangka peningkatan kapasitas usaha UMKM sehingga dapat maju ke kelas.

Henky Manurung, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memberikan sambutan secara online.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa UMKM memiliki potensi yang besar.

Pembiaan dan Pendampingan untuk UMKM

“Pemerintah hadir untuk memberikan pelatihan dan pendampingan agar UMKM mampu memiliki produk dengan kualitas yang sesuai dengan standar hotel. Serta mampu bekerjasama dengan hotel dalam memenuhi kebutuhan hotel sehari-hari,” kata Henky Manurung.

Pada hari pertama, UMKM dibagi menjadi tiga kelas dan di berikan pelatihan oleh fasilitator dari Pertamina. Dengan materi tentang strategi branding, e-catalog, public speaking, dan kemampuan negosiasi. Hari kedua fasilitator Pertamina melakukan pembinaan dan pendampingan, melakukan roleplay, dan mempresentasikan 3 UMKM terbaik.

Dalam hari terakhir, Telkom Corporate University memberikan pelatihan kepada UMKM tentang pengelolaan keuangan UMKM dan strategi penetapan harga.

Di hari terakhir, George Siregar selaku CEO Intan Nuswantara menjadi narasumber dan menyampaikan strategi UMKM untuk menciptakan branding produk yang kuat dengan memanfaatkan digitalisasi.

Kegiatan di tutup oleh Syaifullah, Direktur Pembinaan Industri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada Telkom, Pertamina, dan pemerintah provinsi/kabupaten terkait atas terselenggaranya kerjasama ini. Juga berharap melalui kegiatan ini, para peserta UMKM mendapatkan keterampilan yang dapat di implementasikan secara nyata.

(tribunnews/jabarmedia)

Pos terkait