Menang Di Piala Dunia 2022 Dongkrak Ekonomi Argentina 0,25 Persen

Menang Di Piala Dunia 2022 Dongkrak Ekonomi Argentina 0,25 Persen

IKABARI.COM, BUENOS AIRES – Ekonomi Argentina memprediksi tumbuh sebesar 0,25 persen, usai Lionel Messi memenangkan drama adu penalti 4-2 dengan Tim Nasional (Timnas) Prancis di perpanjangan waktu laga Piala Dunia 2022.

Kemenangan Timnas Argentina yang berhasil menyandang gelar juara pertama pada partai final di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022). Tak hanya membukukan rekor hebat dalam laga final Piala Dunia 2022.

Bacaan Lainnya

Namun juga membawa dampak positif bagi ekonomi negara Tim Tango. Hal tersebut tertuang dalam penelitian yang di rilis oleh Marco Mello, peneliti dari University of Surrey, Inggris.

Mello mengungkap, Argentina berpotensi meraup keuntungan yang lebih tinggi dari Prancis khususnya di bidang ekspor. Usai memenangkan trofi juara pertama di Piala Dunia Qatar 2022.

Proyeksi ini di lontarkan Mello bukan tanpa alasan, sebelumnya di tahun 1994 Brasil pernah mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,9 persen, usai memenangkan laga Piala Dunia.

Hal serupa juga di alami kembali oleh Jerman yang menikmati manfaat ekonomi sebesar 2,2 persen setelah Timnasnya memboyong trofi juara pertama di ajang Piala Dunia 2014.

“Jika ada salah satu dari dua negara yang mungkin mendapat manfaat (ekonomi), mirip dengan Brasil, ini adalah Argentina dan bukan Prancis,” kata Mello.

Lonjakan Pendapatan

Lonjakan pendapatan bisa di dapat Argentina karena visibilitas negara ini meningkat di kancah dunia internasional.

Dengan demikian Argentina dapat mengenjot produksi ekspornya dan membawa ekonomi negara bergerak maju ke zona hijau.

Mengingat selama beberapa bulan terakhir ekonomi Argentina tengah di landa gejolak. Akibat inflasi tahunannya yang melesat ke rekor tertinggi hingga menyentuh angka 92,4 persen.

Inflasi Lonjakan bahkan di proyeksikan meningkat dan melampaui 100 persen pada bulan Desember. Kondisi ini yang kemudian mengukuhkan Argentina sebagai salah satu negara dengan tingkat inflasi tertinggi di dunia.

Hingga ekonomi negara bagian Amerika Serikat itu susut di level 5,9 persen sepanjang 2022.

Berbeda dengan proyeksinya pada Argentina, Mello justru menaikkan ekonomi Prancis hanya akan tumbuh sementara jika memenangkan Piala Dunia. Ini karena Prancis adalah juara bertahan di pertandingan sebelumnya, sehingga kemenangannya tidak terlalu mengejutkan publik.

(tribunnews/rakanews)

Pos terkait