Sejarah Komputer, dan Sistem Operasi di Dunia IT

komputer pertama ENIAC
Sumber: Wikipedia.com

IKABARI.COM – Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat memproses data dan menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan melalui perintah-perintah yang di berikan oleh pengguna. Komputer terdiri dari beberapa komponen utama, seperti unit central processing (CPU), memori (RAM), hard disk drive (HDD), layar monitor, keyboard, dan mouse.

Komputer dapat di gunakan untuk berbagai keperluan, seperti melakukan perhitungan matematika, menyimpan dan mengakses data, menjalankan aplikasi, berkomunikasi dengan orang lain, mengakses internet, dan banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Komputer dapat di bedakan menjadi beberapa jenis, seperti komputer desktop, laptop, tablet, dan smartphone. Setiap jenis komputer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Komputer Pertama di Dunia

Komputer pertama di dunia adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), yang di kembangkan pada tahun 1945 oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. ENIAC adalah komputer elektronik pertama yang di buat dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan perhitungan numerik secara cepat dan akurat.

ENIAC memiliki ukuran besar dan berat, mencakup ruangan penuh dan membutuhkan konsumsi listrik yang besar. Namun, pada saat itu ENIAC merupakan teknologi revolusioner yang membantu mempermudah banyak tugas perhitungan dan membuka jalan bagi perkembangan komputer selanjutnya.

Setelah ENIAC, komputer mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal ukuran, kecepatan, dan kemampuan. Komputer yang lebih kecil dan lebih mudah di gunakan mulai di kembangkan pada akhir tahun 1950-an dan awal tahun 1960-an, dan komputer pribadi (PC) pertama muncul pada tahun 1970-an. Sejak saat itu, perkembangan teknologi komputer terus berlanjut dan komputer telah menjadi alat yang sangat penting dan merambah hampir setiap aspek kehidupan modern.

Sejarah Personal Computer

Personal computer (PC) adalah sebuah komputer pribadi yang dapat di gunakan oleh satu orang untuk melakukan berbagai tugas, seperti mengetik, mencari informasi, berkomunikasi, dan bermain game. Sejarah PC di mulai pada tahun 1970-an.

Pada tahun 1971, Intel mengeluarkan prosesor microprocessor pertama, yaitu Intel 4004, yang membuat komputer menjadi lebih kecil dan mudah dalam pembuatan. Pada tahun 1975, perusahaan komputer Apple Computer di dirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Mereka mengeluarkan komputer Apple I, yang merupakan komputer pribadi pertama yang memungkinkan pengguna untuk menulis program dan menjalankan aplikasi.

Tahun 1981, IBM mengeluarkan IBM PC yang merupakan komputer pribadi pertama yang benar-benar populer dan di terima secara luas. IBM PC memperkenalkan sistem operasi MS-DOS yang kemudian menjadi standar untuk komputer pribadi.

Sejak saat itu, perkembangan PC terus berlanjut dan memasuki era baru dengan munculnya komputer pribadi yang lebih kecil, lebih kuat, dan lebih mudah di gunakan. Komputer menjadi alat yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan seperti bisnis, pendidikan, dan hiburan. Pada tahun 2000-an, komputer mengalami perkembangan besar dengan munculnya komputer tablet dan smartphone, yang membuat komputer menjadi lebih mudah di bawa dan di gunakan dalam berbagai situasi.

Sejarah Sistem Operasi

Sejarah sistem operasi di mulai pada tahun 1950-an, ketika komputer mulai di gunakan secara luas. Pada saat itu, komputer besar yang di gunakan oleh perusahaan dan pemerintah membutuhkan beberapa operator untuk mengoperasikan dan memanage perangkat keras dan perangkat lunak.

Pada tahun 1956, sistem operasi pertama yang di terapkan pada komputer, yaitu UNIVAC I, di kembangkan oleh General Electric. Sistem operasi ini memungkinkan beberapa operator untuk bekerja pada komputer secara bersamaan, dan membuat komputer lebih mudah di gunakan.

Pada tahun 1961, sistem operasi pertama yang di kembangkan khusus untuk komputer mini, yaitu CTSS (Compatible Time Sharing System), di terapkan pada komputer IBM 7090. CTSS memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada komputer secara bersamaan, membagi waktu yang tersedia dan membuat komputer lebih mudah di gunakan.

Pada tahun 1965, sistem operasi pertama yang di terapkan pada komputer mainframe, yaitu OS/360, di kembangkan oleh IBM. Sistem operasi ini memperkenalkan konsep file dan direktori, membuat komputer lebih mudah di gunakan dan mempermudah pengelolaan data.

Setelah itu, sistem operasi berkembang sangat pesat dan muncul banyak sistem operasi baru, seperti Unix, Linux, dan Windows. Sistem operasi saat ini memainkan peran penting dalam membuat komputer lebih mudah di gunakan dan mempermudah pengguna untuk melakukan berbagai tugas dan aktivitas.

Pos terkait