Daftar Kecamatan di Bogor Berpotensi Terdampak Tanah Bergerak

Daftar Kecamatan di Bogor Berpotensi Terdampak Tanah Bergerak

IKABARI.COM – Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merinci 22 kecamatan yang berpotensi mengalami pergeseran tanah tingkat menengah hingga tinggi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengumumkan dari 40 kecamatan yang ada, empat di antaranya berpotensi menengah.

Bacaan Lainnya

“Dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, empat kecamatan berpotensi menengah, 22 kecamatan berpotensi terjadi pergeseran tanah tingkat menengah hingga tinggi,” kata Aris di lansir dari Antara, Sabtu (24/9).

Sementara itu, 14 kecamatan juga memiliki potensi pergeseran tanah tingkat menengah hingga tinggi disertai banjir bandang atau aliran bahan rombakan. Data itu di dapat BPBD dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Selain itu, Data tersebut merupakan gambaran umum mengenai potensi pergeseran tanah sejak Agustus-September 2022.

Aliran bahan rombakan atau debris flow merupakan fenomena dimana percampuran air, lumpur, dan kerikil mengalir dengan kecepatan tinggi terbawa aliran banjir,” paparnya Aris.

Meski demikian, kondisi ini di nilai lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya, sebab terjadi pengurangan sejumlah wilayah yang berpotensi tinggi terjadi pergeseran tanah.

Oleh karena itu, Aris pun meminta kepada warga Bogor untuk selalu melihat peta pergerakan tanah yang di unggah BPBD secara berkala. Media tersebut antara lain Instagram melalui akun resmi BPBD Kabupaten Bogor @bpbdkabbogor.

“Bagi wilayah yang terdapat potensi tersebut, selalu siaga menghadapi bencana. Siapkan tas siaga bencana agar selalu tanggap dalam menghadapi bencana yang datang secara tiba-tiba,” tegasnya.

Deretan kecamatan tersebut sebagai berikut:

  1. Babakanmadang
  2. Bojonggede
  3. Cariu
  4. Ciawi
  5. Cibinong
  6. Cigudeg
  7. Cileungsi
  8. Cisarua
  9. Citeureup
  10. Gunungsindur
  11. Jasinga
  12. Jonggol
  13. Klapanunggal
  14. Leuwisadeng
  15. Megamendung
  16. Nanggung
  17. Parung
  18. Sukajaya
  19. Sukamakmur
  20. Sukaraja
  21. Tajurhalang
  22. Tanjungsari.

(cnnindonesia/jais)

Pos terkait