Fakta Wanita Yang Mengaku Penjual Dawet Kanjuruhan Terungkap, Anggota PSI

IKABARI.COM, MALANG – Sosok ibu penjual dawet Kanjuruhan yang sempat viral di media sosial pasca tragedi Kanjuruhan kini terungkap. Sebelumnya beredar voice note perempuan yang menyatakan bahwa penjual dawet itu menuduh banyak penggemarnya mabuk, rusuh, dan menjadi korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada (10/1/2022).

Berikut beberapa hal yang di ketahui tentang sosok ibu penjual dawet Kanjuruhan.

Bacaan Lainnya

Minta Maaf ke Keluarga Korban

Sosok wanita yang mengaku sebagai “ibu dari penjual dawet Kanjuruhan” akhirnya muncul. Ia meminta maaf kepada salah satu keluarga korban tragedi Kanjuruhan bernama Masnawi atau Nawi yang merupakan dirigen Curva Nord Arema. Permintaan maaf itu di unggah oleh akun Twitter @AremaniaCulture.

“Saya mohon maaf, karena sehubungan dengan voice note yang beredar kemarin, saya tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan nama almarhum, ya. Demi Allah, saya Lillahi Ta’ala, saya mohon maaf kepada-Mu. Maaf banget ya. Kalau saya salah ngomong ya Bu,” kata Suprapti yang mengenakan terusan cokelat seperti seragam PNS dan hijab abu-abu, seperti di lansir detikJatim, Kamis (13/10/2022).

Identitas Asli Terungkap

Identitas asli wanita yang mengaku sebagai “ibu dari penjual dawet Kanjuruhan” itu terungkap. Hal itu di ketahui melalui poster ucapan selamat dan sukses Harlah Nahdlatul Ulama ke-94 yang menampilkan nama Suprapti Fauzi.

ibu penjual dawwet di kanjuruhan malang suprapti PSI

 

Di ketahui, seperti di lansir detikJatim, Suprapti Fauzi merupakan anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Posisi Suprapti Fauzi juga ada, yakni sebagai Wakil Ketua DPD PSI Kabupaten Malang.

Pengakuan Suprapti Fauzi

Seperti di ketahui, “ibu dari penjual dawet Kanjuruhan” adalah Suprapti Fauzi yang di kenal sebagai kader PSI dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PSI Kabupaten Malang.

Mengetahui hal tersebut, Ketua DPD PSI Kabupaten Malang, Yosea Suryo Widodo, langsung melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan dan mendapat jawaban yang beralasan.

Kepada Yosea, Suprapti mengaku tidak bermaksud membuat suara tersebut viral atau lebih jauh bertujuan untuk menyebarkan berita tidak benar. “Nah, dari keterangan Bu Prapti sendiri, dia membenarkan bahwa itu suara Bu Prapti. Tapi dia bilang tidak bermaksud viral atau menyebarkan berita bohong,” katanya, seperti dilansir detikJatim, Rabu (12/11/2022).

Status Suprapti di PSI Malang

Ketua DPD PSI Kabupaten Malang Yosea Suryo Widodo menjelaskan tentang status Suprapti Fauzi ibu penjual dawet Kanjuruhan dalam keanggotaan PSI di Malang. Yosea menegaskan Suprapti bukan pengurus DPD PSI Malang, melainkan hanya kader atau anggota.

”Nah, untuk statusnya Bu Prapti bukan pengurus PSI Malang, tapi relawan dari salah satu calon legislatif 2019. Jadi dia relawan, otomatis jadi anggota, tapi bukan pengurus,” jelas Yosea seperti dilansir detikJatim, Rabu. (12/11/2022).

Dalam keterangan tertulis lainnya, Ketua DPD PSI Kabupaten Malang Yosea Suryo Widodo mengatakan akan memecat Suprapti Fauzi jika memang benar masih tercatat sebagai kader PSI.

“Perempuan tersebut belum menjadi pengurus PSI sejak 22 Juni 2020. Kami sedang mengecek sistem kepesertaan PSI. Jika benar masih terdaftar, kami akan langsung memecatnya,” kata Yosea dalam keterangan tertulis yang disampaikan DPP PSI, Rabu (12/10/2022).

(detik/Tubagus Haikal)

Pos terkait