Benarkah Jurgen Klopp Akan Menggantikan Shin Tae-yong?

jurgen klopp shin tae yong

IKABARI.COM – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, angkat bicara tentang rumor pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, yang dikabarkan menjadi calon pelatih Timnas Indonesia menggantikan Shin Tae-yong. Erick Thohir dengan tegas menyatakan bahwa ia sama sekali tidak memikirkan mencari pengganti untuk Shin Tae-yong, apalagi berpikir untuk mendatangkan pelatih sekelas Jurgen Klopp.

Beberapa waktu lalu, Jurgen Klopp mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini. Sementara itu, kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan berakhir pada 30 Juni 2024. Beberapa pencinta sepakbola Tanah Air berharap agar Shin Tae-yong pergi dari Timnas Indonesia jika Jurgen Klopp bisa menjadi penggantinya. Namun, Erick Thohir dengan tegas membantah kabar tersebut.

Bacaan Lainnya

Erick Thohir mengaku sebagai sosok profesional dan selalu berkomitmen untuk menghormati kontrak yang ada. Selama Shin Tae-yong masih terikat kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia, Erick Thohir tidak akan mencari pelatih lain. Erick juga menekankan bahwa Shin Tae-yong telah memberikan sejumlah pencapaian kepada Timnas Indonesia.

Saya selalu menjaga kesepakatan yang ada. Itu adalah track record saya baik di dalam maupun luar negeri. Saya tidak pernah menghubungi siapa pun, termasuk pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, dan Jurgen Klopp,” kata Erick Thohir.

Melihat situasi ini, Shin Tae-yong kemungkinan akan mendapatkan perpanjangan kontrak dari PSSI, terlepas dari pencapaian Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Shin Tae-yong kemungkinan akan mendapatkan perpanjangan kontrak hingga tahun 2027.

Pergantian Pelatih Cukup Berisiko

Dalam jangka waktu 2024-2027, Timnas Indonesia akan menghadapi beberapa ajang penting seperti Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Piala AFF 2024 dan 2026, SEA Games 2025 dan 2027, Asian Games 2026, Piala Dunia 2026, dan Piala Asia 2027. Oleh karena itu, melakukan pergantian pelatih saat ini cukup berisiko. Shin Tae-yong perlahan-lahan mulai memahami cara meningkatkan performa Timnas Indonesia.

Dengan sikap profesionalnya, Erick Thohir ingin menjaga track record dan nama baiknya. Ia berkomitmen untuk tetap mematuhi kesepakatan yang ada. Erick Thohir menegaskan bahwa tidak ada rencana untuk mencari pengganti Shin Tae-yong, terlebih lagi pelatih sekelas Jurgen Klopp.

Pernyataan Erick Thohir ini memberikan kepastian bahwa Shin Tae-yong akan tetap menjadi pelatih Timnas Indonesia dalam waktu yang akan datang. Dengan perpanjangan kontrak yang akan diberikan oleh PSSI, Shin Tae-yong memiliki kesempatan untuk terus membawa Timnas Indonesia meraih prestasi di berbagai kompetisi internasional.

(Tubagus)

Pos terkait