Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan

manfaat buah berenuk

IKABARI.COM – Manfaat buah berenuk itu masih asing untuk beberapa orang, padahal khasiatnya itu banyak dan sangat melimpah.

Buah dengan nama lain calabash ini ternyata mengandung banyak sekali vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.
Selain itu, manfaat juga bisa didapatkan dari bagian lain tanaman berenuk seperti kulit kayu dan daunnya. Untuk itu, mari kita kenali lebih lanjut mengenai kandungan gizi dan manfaat dari buah berenuk.

Bacaan Lainnya

Kandungan Buah Berenuk dan Manfaatnya

Dalam setiap 100 gram buah berenuk, terdapat komposisi zat gizi sebagai berikut:

  • Air: 95,54 gram
  • Serat: 0,5 gram
  • Karbohidrat total: 3,4 gram
  • Protein: 0,6 gram
  • Kalsium: 26 mg
  • Zat besi: 0,2 mg
  • Kalium: 150 mg
  • Vitamin A: 4,8 mcg
  • Vitamin C: 10,1 mg
  • Magnesium: 11 mg
  • Fosfor: 13 mg
  • Zinc: 0,7 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Folat: 6 gram
  • Vitamin B3: 0,32 mg
  • Vitamin B5: 0,152 mg

Tidak hanya itu, buah berenuk juga kaya akan senyawa tanaman atau fitokimia seperti flavonoid, saponin, tanin, alkaloid, fenol, hidrogen sianida, cardenolides, fitosterol, terpenoid, tartaric acid, citric acid, dan crescentic acid.

Dari kandungan gizinya, buah berenuk memiliki banyak potensi manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan kualitas kesehatan jantung

Buah berenuk mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Kalium bekerja dengan cara mengeluarkan natrium berlebih dari tubuh, yang diketahui menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah.

Selain itu, kalium juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan kalsium, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Mengurangi risiko kanker

Buah berenuk mengandung flavonoid seperti quercetin dan anthraquinone, yang telah terbukti memiliki potensi untuk mengurangi risiko kanker dan tumor.

Senyawa ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dengan mencegah pembentukan pembuluh darah baru yang memberikan nutrisi pada sel tumor. Tapi, untuk penelitian lanjut harus diperlukan buat memastikan efektivitasnya pada manusia.

3. Mencegah infeksi cacing

Buah berenuk memiliki sifat anthelmintic, yang berarti dapat membunuh cacing yang ada dalam tubuh. Potensi ini didapat dari kandungan tanin dalam buah berenuk.

Meskipun penelitian pada tahap uji laboratorium, namun buah berenuk memiliki potensi untuk menjadi obat cacing yang efektif.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa buah berenuk dapat membantu mengendalikan kadar gula darah puasa pada pasien prediabetes.

ekstrak buah berenuk manfaat

Kandungan alkaloid, iridoid, pektin, asam sitrat, dan cyanhyndric acid dalam buah berenuk dapat memberikan manfaat ini. Tapi, untuk penelitian lanjut harus diperlukan buat memastikan efektivitasnya.

5. Menurunkan efek bisa ular

Buah berenuk diketahui dapat meningkatkan kemungkinan hidup hingga seratus persen pada korban gigitan ular Vipera russelli atau bisa ular viper Rusia.

Pemberian buah berenuk dalam dosis tertentu mampu membantu melawan racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami cara kerjanya dan efektivitasnya pada manusia.

Manfaat Kulit Kayu dan Daun Berenuk

Tidak hanya buahnya, kulit kayu dan daun berenuk juga memiliki potensi khasiat untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang dapat di dapat dari kedua bagian tanaman berenuk ini antara lain:

1. Bersifat anti-inflamasi

Ekstrak daun dan kulit kayu berenuk memiliki potensi sebagai anti-inflamasi atau mampu mengurangi peradangan.

Senyawa quercetin dan tanin yang terkandung dalam kedua ekstrak ini memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu membantu mencegah reaksi peradangan dalam tubuh.

Tapi, untuk penelitian lanjut harus di perlukan buat memastikan efektivitasnya pada manusia.

2. Menghambat bakteri

Daun dan kulit batang berenuk juga memiliki potensi dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

Senyawa fenolik dan polifenol yang terkandung dalam kedua bagian tanaman ini dapat membunuh banyak jenis bakteri yang berbahaya.

Namun, perlu penelitian lebih lanjut dan pengujian pada manusia untuk mengetahui keamanan pemakaian ekstrak daun dan kulit batang berenuk pada manusia.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Ekstrak daun berenuk di ketahui memiliki efek antibakteri dan antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Sifat antibakteri dari ekstrak daun melindungi kulit dari infeksi yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

Selain itu, kandungan quercetin dalam daun berenuk melindungi sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas, yang biasanya menghambat proses penyembuhan luka

Pos terkait